Frame adalah jantung dari sepeda dan penentu tunggal terbesar dari kualitas dan kinerja sepeda. Meskipun setiap komponen dapat diganti, jika Anda mengganti frame maka Anda punya sepeda baru lagi. Tidak ada penggantian komponen akan membuat sepeda yang baik dari frame yang buruk (meskipun itu mungkin untuk mengubah frame yang baik menjadi buruk dengan komponen yang buruk).
Frame Geometries
Frame Geometries berkaitan dengan panjang dan sudut tube. Ini mempengaruhi kualitas bersepeda, kecepatan steering dan handling.Road Racing
Touring
Sepeda Touring dirancang untuk lebih stabil pada kecepatan lambat, untuk membawa perlengkapan, dan untuk memberikan kenyamanan lebih besar dari Road Bike. Dengan sudut kepala tabung rendah 71-72 derajat, Touring Frame lebih lambat, kemudi lebih stabil dari Road Bike, yang memungkinkan untuk membawa kargo. Sudut tabung kursi juga 71-72 derajat, memungkinkan untuk posisi tegak lebih nyaman. Touring sepeda biasanya memiliki wheelbase lebih panjang dari sepeda balap, yang membuat kemudi lebih lambat tapi stabilitas tinggi.
Sport Bikes
Time Trial Bikes
Uni Cycliste Internationale (UCI), badan balap sepeda internasional, dan United States Cycling Federation (USCF) memiliki pedoman yang ketat untuk geometri sepeda. Menurut aturan UCI, hidung saddle harus minimal lima sentimeter di belakang spindle bawah braket, efektif membatasi sudut seat-tube sampai maksimum sekitar 76 derajat.
USA Triathlon (USAT), badan dari triathlon dan Duathlon di Amerika Serikat, tidak memiliki spesifikasi. Banyak sepeda triathlon memiliki sudut kursi-tabung curam samapi 78 derajat, dan beberapa perusahaan telah mengembangkan frame aerodinamis yang tidak memiliki seat-tube yang terhubung ke braket bawah. Meskipun sepeda ini ilegal dalam time trial mereka diterima di triathlon. Jika Anda berencana untuk bersaing dalam uji waktu dan triathlon, pastikan sepeda adalah time-trial yang legal.
Tradisional versus Compact Frames
Compact Frame juga dikenal sebagai sloping-tube geometries atau geometri dengan top-tube miring ke belakang. (Pada Frame tradisional, datar.) Head-tube dan seat-tube serupa dalam geometri tradisional maupun compact frame, meskipun compact frame memiliki segitiga belakang sedikit lebih kecil (yang dibentuk oleh dudukan rantai, seat-stay, dan seta-tube).Hampir semua tim balap sepeda profesional sekarang menggunakan compact frame. Disisi lain tidak. Jadi apa ceritanya? Apakah lebih baik dari yang lain?
Dalam prakteknya, kedua geometri menghasilkan hasil yang setara. Pada kedua jenis frame, Anda terhubung pada tiga point sepeda, saddle, handlebar, dan pedal, dan Anda menset dengan cara yang sama. Dengan compact frame Anda mendapatkan kisaran yang lebih besar menyesuaikannya dengan seat-post. Beberapa produsen telah merespon dengan memproduksi ukuran bingkai hanya tiga atau empat, yang mungkin beberapa pengendara mengambil celahnya, tetapi sebagian besar perusahaan memproduksi compact frame dalam kisaran yang sama delapan atau lebih yang sebanding dengan ukuran geometri tradisional.
Beberapa pengendara sepeda mengklaim bahwa segitiga belakang lebih kecil dari compact frame membuat sepeda agak kaku, tetapi produsen yang hati-hati memilih bahan yang baik bisa memberikan tingkat yang diinginkan dari kekakuan pada kedua jenis frame. Hal ini juga mengklaim bahwa compact frame lebih ringan, tetapi jika Anda menambahkan berat tambahan dari seat post yang panjang, tidak ada perbedaan yang nyata.